INKONTINENSIA ALVI PADA LANSIA PDF

Lansia mengalami kemunduran atau perubahan morfologis pada otot yang menyebabkan . Prevalensi IU secara signifikan (p pada populasi usia lanjut LUTS, batuk kronis, dan inkontinensia alvi memiliki efek paling. Pendahuluan: Insiden jatuh pada lansia menjadi masalah serius bagi pasien rawat inap yang dengan keterbatasan aktivitas. . Gangguan eliminasi ( inkontinensia, nokturia, frekuensi eliminasi) .. eliminasi alvi sebagai dampak pemberian.

Author: Daikora Tojarg
Country: Kuwait
Language: English (Spanish)
Genre: Sex
Published (Last): 4 June 2016
Pages: 115
PDF File Size: 1.48 Mb
ePub File Size: 11.1 Mb
ISBN: 124-5-88705-803-5
Downloads: 83155
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Molabar

Anorektum diinervasi oleh saraf sensorik, motorik, dan otonom parasimpatis maupun oleh sistem saraf enterik.

Lipatan mukosa anal bersama dengan bantalan vaskular anal anal cushions memperkuat penutupan dari anus. Etiologi Inkontinensia Alvi Penyebab utama timbulnya inkontinensia alvi adalah masalah sembelit, penggunaan pencahar yang berlebihan, gangguan saraf seperti dimensia dan stroke, serta gangguan kolorektum seperti diare, neuropati diabetik, dan kerusakan sfingter rektum.

Merangsang peristaltik usus, sehingga peristaltik usus 4.

Askep Inkontinensia Alvi

Otot puborektalis membentuk sudut anorektal dengan sling sekeliling pada posterior dari hubungan antara anus dengan rektum adalah hal yang mungkin berperan penting untuk mengontrol feces yang padat. Inkontinensia alvi simtomatik, yang berkaitan dengan penyakit pada usus besar.

Inkontinensia alvi merupakan hal yang sangat mengganggu bagi penderitannya, sehingga harus diupayakan mencari penyebabnya dan penatalaksanaannya dengan baik. Sumitro Adi InkontinensaiS. Remember me Forgot password? Anus normalnya tertutup karena aktivitas tonik dari sfingter ani interna dan barier tersebut diperkuat oleh sfingter ani eksterna saat berkontraksi secara volunter.

Pada sebagian besar penderita dengan inkontinensia fekal, misalnya setelah trauma obstetrik, repair sfingter secara overlapping seringkali sudah cukup memadai. Inkontinensia alvi merupakan alvvi satu masalah kesehatan yang cukup serius pada pasien geriatri. Kontraksi yang terus menerus dari sfingter ani interna, berperan penting untuk mengontrol feces yang cair. Status kesehatan Status kesehatan yang pernah diderita selama 5 tahun yang lalu, keluhan utama yag dirasakan sekarang laansia ketidakmampuan menahan bab, dan diuraiaka secara PQRST, obat,obatan yang pernah diminum,status imunisasi dan riwayat alergi.

  HONNETH RECHT DER FREIHEIT PDF

Perubahan-perubahan akibat proses menua dapat menyebabkan terjadinya inkontinensia, tetapi inkontinensia fecal bukan merupakan sesuatu yang normal pada lanjut usia. Defisit perawatan diri eliminasi III.

Sumbat anus, pemadat masa sfingter sphincter bulkersd. Sebaliknya, epitelium rektum tidak menunjukkan ujung saraf laneia terorganisir.

Latar Belakang Manusia mempunyai kebutuhan tertentu yang harus dipenuhi secara memuaskan melalui proses homeostasis, baik fisiologis maupun psikologis. Secara anatomi, sfingter ani terdiri dari dua komponen, yaitu sfingter ani interna, yang terdiri otot polos dan sfingter ani eksterna yang berasal dari otot lurik.

Sfingter ani eksterna akan membantu sfingter ani interna pada saat-saat tertentu yang mendadak; dimana tekanan abdominal meningkat seperti pada batuk, berbangkis dan sebagainya. Inkontinensia alvi simtomatik dapat merupakan penampilan klinis dari macam — macam kelainan patologik yang dapat menyebabkan diare.

Inkontinensia tinja berkisar dari terjadi sesekali saat duduk hingga sampai benar-benar kehilangan kendali. Oleh karena itu penulis inkontinensiw kritik dan saran yang sifatnya membangun dari semua pihak akan sangat membantu demi perbaikan dan penyempurnaan makalah ini. Sebuah “sampling refleks” yang inkontinenssia memungkinkan individu untuk memilih apakah akan mengeluarkan atau mempertahankan isi rektum paa, sedangkan bila “sampling refleks” tersebut terganggu, mungkin merupakan predisposisi untuk terjadinya inkontinensia.

Suatu studi dengan kontrol plasebo untuk penggunaan inkontijensia 4 mg tiga kali sehari telah terbukti mengurangi frekuensi inkontinensia, memperbaiki urgensi feces dan meningkatkan waktu transit feces di kolon, juga meningkatkan b.

Pada suatu meta analisis, laneia bahwa tidak terdapat cukup data untuk menarik kesimpulan yang bermakna terkait efikasi terapi ini. SITE To ensure the functioning of the site, we use cookies.

Alat ini ditempelkan pada perineum menggunakan perekat dan dapat dengan mudah diambil. Your consent to our cookies if you continue to use this website. Upaya-Upaya Suportif Upaya-upaya suportif seperti menghindari inkontineneia yang iritatif, membiasakan buang air besar pada waktu tertentu, memperbaiki higiene kulit, dan melakukan perubahan gaya hidup dapat bermanfaat dalam penatalaksanaan inkontinensia fekal.

  CATALOGO SPAAN PDF

Untuk memperbaiki koordinasi antara otot abdomen, gluteal, dan sfingter ani selama berkontraksi secara volunter dan c. Angka kejadian inkontinensia alvi ini lebih sedikit dibandingkan pada kejadian inkontinensia urin. Secara morfologis, kedua sfingter tersebut terpisah dan heterogen. Kesimpulan Inkontinensia alvi merupakan hilangnya kemampuan otot dalam mengontrol pengeluaran feses yang melalui sfinkter anus akibat kerusakan sfinkter.

Untuk memperbaiki kekuatan otot sfingter ani; 2. Pekerjaan ini bersamaan dengan tekanan tinggi daerah sfingter ani berfungsi untuk menampung feces yang padat dan menunda pengeluaran sampai waktu yang tepat. Konstipasi Dan Inkontinensia www.

Klinik Geriatri by Michelle Audry on Prezi

Barier mekanis tersebut diperkuat lagi oleh otot puborektalis, yang membentuk katup yang dapat membuka dan menutup, yang dapat menarik ke depan dan meningkatkan kekuatan-sudut anorektal untuk mencegah inkontinensia.

Perjalanan saraf tersebut yang melalui dasar panggul membuatnya rentan untuk mengalami cidera regangan, terutama pada saat melahirkan 9 pervaginam. Akan tetapi bantuan sfingter ani eksterna ini sangat terbatas, karena otot ini akan menjadi lelah dalam waktu 60 menit kemudian. Kelemahan – Instruksikan pasien 18 untuk makan rendah serat, tinggi protein dan tinggi kalori jika memungkinkan. Fungsi usus tergantung pada keseimbangan beberapa faktor, pola eliminasi dan kebiasaan Berman, et.

Untuk meningkatkan persepsi sensorik anorektal.